Bupati Humbahas Hadiri Penutupan Pelatihan Pembelajaran Matematika Gasing Lanjutan

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menutup kegiatan pelatihan pembelajaran Matematika Gasing di SMPN 2 Doloksanggul, Sabtu (22/7/2023).

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE menutup kegiatan pelatihan pembelajaran Matematika Gasing di SMPN 2 Doloksanggul, Sabtu (22/7/2023).

Pelatihan itu sendiri berlangsung di Aula Hutamas dan SMPN 2 Doloksanggul mulai tanggal 13 Juli hingga 22 Juli 2023. Peserta pelatihan 240 orang, terdiri dari 40 guru SD, 80 siswa SD. Kemudian 40 guru SMP dan 80 siswa SMP.

Sebelum Pelatihan Pembelajaran Matematika Gasing Lanjutan itu, telah berlangsung briefing persiapan materi hari pertama kepada tim dan asisten trainer pada. Berlangsung 12 Juli 2023 di Ruang Rapat Mini Hotel Ayola, di bawah pimpinan Prof Yohannes Surya.

Materi-materinya adalah pembagian bilangan bulat dengan pecahan, pembagian pecahan dengan pecahan, pembagian pecahan campuran. Kemudian, pengenalan desimal, penjumlahan desimal, pengurangan desimal, perkalian desimal.

Sebelum penutupan, di hadapan Bupati Humbang Hasundutan terlebih dahulu para guru dan siswa melakukan demonstrasi hasil pembelajaran. Di mana para guru dan siswa sangat antusias melakukan demonstrasi perhitungan dengan Gasing dan hasilnya sangat menggembirakan. Di mana para anak-anak siswa bisa menjawab perhitungan-perhitungan dengan baik, benar, dan cepat.

Gembira

Dalam penutupan tersebut Bupati mengaku sangat gembira dengan hasil pelatihan. Karena dengan Gasing, pengembangan kemampuan dan mengasah pengetahuan dalam bidang ilmu matematika pecahan dan desimal dengan metode gampang, asik, dan menyenangkan, bisa memberikan motivasi dalam peningkatan semangat belajar bagi siswa maupun guru.

Bupati Dosmar juga sangat terkesan dengan kemampuan siswa dalam menjawab soal matematika dari para guru. “Semoga dengan Gasing ini para siswa semakin percaya diri dan mampu meningkatkan kemampuannya. Sehingga bisa bersaing dengan siswa di daerah lain,” katanya.

Ia memotivasi pelajar untuk tidak pernah takut untuk bermimpi dan mencapai cita-cita. Pemerintah pusat dan daerah banyak memberikan beasiswa agar tingkat pendidikan semakin meningkat di Indonesia. Apalagi di Humbang Hasundutan, pemerintah memberikan beasiswa kepada 10 universitas terbaik dan SMA unggul. Sehingga nantinya SDM-SDM unggul banyak berasal dari Humbang Hasundutan dan bisa memajukan Humbang Hasundutan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kadis Pendidikan Humbahas Jony Gultom menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini diharapkan tindak lanjutnya. Para peserta yang sudah terlatih akan melakukan pengimbasan di masing-masing unit satuan pendidikan.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment